Guru adalah pendidik professional dengan tugas utama
mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi
peserta didik pada pendidikan anak usia dinijalur pendidikan formal, pendidikan
dasar, pendidikan menengah (UUGD pasal 1). Sebagaimana tertuang dalam
pengertian tersebuttugas utama gurubukan hanya mengajar tapi juga
mendidikkarakter. Hal ini tampak pada kata-kata “mendidik, membimbing,
mengarahkan, menilai, melatih”. Oleh karena itu, upaya-upaya ini harus dapat
tercermin dalam perilaku guru dalam menyikapi peserta didiknya. Dalam menyikapi
peserta didiknya guru seharusnya berperilaku sebagai berikut:
1. Berpenampilan
menarik
Guru harus berpenampilan menarik, terutamatampak
pada penampilan wajah yang berseri-seri, selalu tersenyum dalam setiap bertemu
dengan muridnya. Kondisi ini mencerminkan pribadi guru yang memiliki inner beauty (keindahan atau kecantikan
dari dalam diri guru
2. Berkomunikasi
dengan baik
Guru harus bvisa berkomunikasi dengan baik.
Uacapannya enak didengar, jelas (pesan tersampaikan dengan tepat), menyejukkan,
memotivasi, dan memberikan inspirasi, walaupun dalam konteks tertentu guru bisa
berkata tegas.
…. Kami tak
berkedip menatap san juru kisah yang ulung ini. Pria ini buruk rupa dan buruk
pula setiap apa yang disandangnya, tapi pemikirannya jernih dan kata-katanya
bercahaya. Jika ia mengucapkan sesuatu kami pun terpaku menyimaknya dan tak
sadar menunggu untaian kata berikutnya … (Andrea Hirata, 2007:25)
Sepenggal cerita tersebut
menggambarkan betapa menariknya penyampaian seorang guru. Walaupun ia sangat
sedrhana bahkan miskin tetapi ia mampu membawakan diri dan berkomunikasi dengan
baik dan tepat di hadapan murid. Apa yang diperhatikan murid bukan penampilan
fisiknya tapi kepiawaiannya berkomunikasi dalam mengajar dan mendidik.
3. Menjadi sahabat
siswa
Seorang guru merupakan sosok yang diharapkan dapat
menerima dan mengerti perilaku siswa, kemampuan empati ini semestinya harus
terus-menerus diasah untuk menunjukkan karakter bersahabat. Perilakunya
tercermin dari kemampuan dasar mendengar, menghargai, dan menerima pendapat
siswa, bersikap terbuka, memeprlihatkan antusiame kepada siswa, dan dapat
bekerja sama. Karakter ini dapat memperlakukan siswasebagai sosok manusia yang
dikasihi, bahkan seorang teman yang dapat dipercaya.
4. Kinerja sepenuh
hati
Semua aktivitas guru harus dilakukan dengan sepenuh
hati. Perasaan emosi bahkan secara spiritual guru melibatkan diri secara penuh
dalam melakukan tugasnya dalam pendidikan
5. Pelayanan maksimal
Guru selalu memberikan pelayanan maksimal kepada
siapa pun terutama kepada murid. Guru selalu peduli dan proaktif dalam
memberikan pelayanan kepada peserta didiknya. Tugas utama guru adalah
memfasilitasi yang dimaksud pada hakikatnya sebagai perwujudan bentuk pelayanan
guru kepada muridnya (guru sebagai pelayan). Pelayanan dapat dilakukan oleh
guru secara maksimal jika ia memiliki kepedulian yang tinggi kepada kehidupan
muridnya. Inti pelayanan terletak pada bagaimana guru mampu mempermudah dan memperlancar
murid agar terdorong belajar secara aktif. Dengan kata lain, pelayanan guru
diarahkan pada “student centered” (berpusat pada siswa) buakan “teacher
centered”(berpusat pada guru). Berbagai kesulitan yang dihadapi setiap murid
harus dipahami oleh guru sehingga ia mampu memberikan pelayanan yang tepat.
0 komentar:
Posting Komentar