Senin, 25 Maret 2013

KARAKTER PERILAKU GURU KEPADA MURID



Guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dinijalur pendidikan formal, pendidikan dasar, pendidikan menengah (UUGD pasal 1). Sebagaimana tertuang dalam pengertian tersebuttugas utama gurubukan hanya mengajar tapi juga mendidikkarakter. Hal ini tampak pada kata-kata “mendidik, membimbing, mengarahkan, menilai, melatih”. Oleh karena itu, upaya-upaya ini harus dapat tercermin dalam perilaku guru dalam menyikapi peserta didiknya. Dalam menyikapi peserta didiknya guru seharusnya berperilaku sebagai berikut:

        1. Berpenampilan menarik
Guru harus berpenampilan menarik, terutamatampak pada penampilan wajah yang berseri-seri, selalu tersenyum dalam setiap bertemu dengan muridnya. Kondisi ini mencerminkan pribadi guru yang memiliki inner beauty (keindahan atau kecantikan dari dalam diri guru
         2. Berkomunikasi dengan baik
Guru harus bvisa berkomunikasi dengan baik. Uacapannya enak didengar, jelas (pesan tersampaikan dengan tepat), menyejukkan, memotivasi, dan memberikan inspirasi, walaupun dalam konteks tertentu guru bisa berkata tegas.
…. Kami tak berkedip menatap san juru kisah yang ulung ini. Pria ini buruk rupa dan buruk pula setiap apa yang disandangnya, tapi pemikirannya jernih dan kata-katanya bercahaya. Jika ia mengucapkan sesuatu kami pun terpaku menyimaknya dan tak sadar menunggu untaian kata berikutnya … (Andrea Hirata, 2007:25) 
            Sepenggal cerita tersebut menggambarkan betapa menariknya penyampaian seorang guru. Walaupun ia sangat sedrhana bahkan miskin tetapi ia mampu membawakan diri dan berkomunikasi dengan baik dan tepat di hadapan murid. Apa yang diperhatikan murid bukan penampilan fisiknya tapi kepiawaiannya berkomunikasi dalam mengajar dan mendidik.
                   3. Menjadi sahabat siswa
Seorang guru merupakan sosok yang diharapkan dapat menerima dan mengerti perilaku siswa, kemampuan empati ini semestinya harus terus-menerus diasah untuk menunjukkan karakter bersahabat. Perilakunya tercermin dari kemampuan dasar mendengar, menghargai, dan menerima pendapat siswa, bersikap terbuka, memeprlihatkan antusiame kepada siswa, dan dapat bekerja sama. Karakter ini dapat memperlakukan siswasebagai sosok manusia yang dikasihi, bahkan seorang teman yang dapat dipercaya.
             4. Kinerja sepenuh hati
Semua aktivitas guru harus dilakukan dengan sepenuh hati. Perasaan emosi bahkan secara spiritual guru melibatkan diri secara penuh dalam melakukan tugasnya dalam pendidikan
            5. Pelayanan maksimal
Guru selalu memberikan pelayanan maksimal kepada siapa pun terutama kepada murid. Guru selalu peduli dan proaktif dalam memberikan pelayanan kepada peserta didiknya. Tugas utama guru adalah memfasilitasi yang dimaksud pada hakikatnya sebagai perwujudan bentuk pelayanan guru kepada muridnya (guru sebagai pelayan). Pelayanan dapat dilakukan oleh guru secara maksimal jika ia memiliki kepedulian yang tinggi kepada kehidupan muridnya. Inti pelayanan terletak pada bagaimana guru mampu mempermudah dan memperlancar murid agar terdorong belajar secara aktif. Dengan kata lain, pelayanan guru diarahkan pada “student centered” (berpusat pada siswa) buakan “teacher centered”(berpusat pada guru). Berbagai kesulitan yang dihadapi setiap murid harus dipahami oleh guru sehingga ia mampu memberikan pelayanan yang tepat.


0 komentar:

Posting Komentar