Sebagai landasan,modal
dan sekaligus sebagai persyaratan dalam membangun profesionalitas guru adalah
bahwa ia harus mencintai profesi sebagai guru.Tanpa mencintai maka guru akan
sulit untuk membangun komitmen,semangat,dan pengembangan diri.yang pada
gilirannya akan sulit ia untuk bekerja secara sungguh.Banyak guru yang awalnya
tidak menjadikan guru sebagai cita-cita utamanya.Karena dalam kenyataan guru
sudah menjadi pekerjaannya maka tidaklah terlambat jika ia berusaha mencintai
profesi guru dan menguatkan orientasinya agar ia dapat bekerja secara
professional.Selanjutnya guru harus senantiasa berupaya memberdayakan dirinya
agar senantiasa bekerja secara profeional.Ada beberapa upaya yang harus
dilakukan adalah sebagai berikutL
1.
Membangun Komitmen
Komitmen mendefinisikan
sebagai sebuah tekad yang mengikat dan melekat pada seorang pendidik untuk
melakukan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik.Guru harus memiliki
komitmen yang tinggi dalam mendidik peserta didiknya berhasil.Adapun indicator
guru yang memiliki komitmen tinggi adalah sebagai berikut:
a.
Memiliki ketajaman visi
b.
Rasa memiliki (sense of belonging)
c.
Bertanggung jawab (sense of
responsibility)
2.
Mengembangkan kompetensi secara terus
menerus
Kompeten adalah
kemampuan seorang pendidik dalam menyelenggarakan pembelajaran (mengajar dan
mendidik ) dan kemampuan memecahkan masalah dalam rangka mencapai tujuan
pendidikan.Kalau guru berani mengajar maka ia harus mau belajar.Indikator guru
yang berkompeten adalah sebagai berikut:
a.
Senantiasa mengembangkan diri
b.
Ahli di bidangnya
c.
Menjiwai profesi
d.
Memiliki kompetensi
pedagogic,kepribadian social dan professional
3.
Kerja Keras
Guru yang selalu
bekerja keras dapat didefinisikan sebagai kemampuan mencurahkan atau
mengerahkan seluruh usaha dan kesungguhan,potensi yang dimiliki sampai akhir
masa suatu urusan hingga tujuan tercapai.Adapun indicator guru yang selalu
bekerja keras adalah:
a.
Bekerja keras dan sungguh-sungguh
b.
Bekerja melebihi target(extra ordinary
process)
c.
Produktif (outstanding result)
4.
Konsisten
Guru yang konsisten
adalah guru yang memiliki kemampuan melakukan sesuatu dengan
istiqomah,ajeg,focus,sabar dan ulet serta melakukan perbaikan yang terus
menerus.Adapun indicator guru yang konsisten adalah
a.
Memiliki prinsip
b.
Tekun dan rajin
c.
Sabar dan ulet
d.
Focus
5.
Kesederhanaan
Guru harus bersikap
sederhana artinya guru memiliki kemampuan mengaktualisasikan sesuatu secara
efektif dan efisien.Adapun indicator guru yang bersikap sederhana adalah
a.
Bersahaja
b.
Tidak mewah
c.
Tidak berlebih
d.
Tepat guna
6.
Kedekatan
Kedekatan yang dimaksud
adalah kemampuan guru berinteraksi secara dinamis dalam jalinan emosional
antara guru dan peserta didik dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran atau
pendidikan.Indikatornya adalah
a.
Perhatian pada siswa
b.
Learning centered
c.
Terjalinnya hubungan emosional yang
harmonis
7.
Pelayanan maksimal
Guru harus secara
proaktif melayani siswa maksudnya adlah kemampuan guru untuk membantu atau
melayani atau memenuhi kebutuhan peserta didik agar potensi dapat diberdayakan
secara optimal.Indikaroenya adalah
a.
Dipenuhinya standar pelayanan minimal
b.
Kepuasan
c.
Cepat dan tanggap
d.
Pelayanan cepat
e.
Proaktif
8.
Cerdas
Cerdas yang dimaksud
bukan cerdas secara intelektual tetapi guru juga harus cerdas secara emosional
dan spiritual.Guru yang cerdas semacam ini memiliki cirri-ciri sebagai berikut:
a.
Kemampuan cepat mengerti dan
memahami,tanggap,tajam dalam menganalisis dan mencari alternative-alternatif
solusi dan mampu memecahkan masalah (cerdas intelektual)
b.
Kemampuan memberikan makna atau nilai
terhadap berbagai aktivitas yang dilakukan sehingga hasilnya optimal (cerdas
emosi dan spiritual)
Adapun
indikatornya adalah sebagai berikut:
1. Responsif
, analisi.inovatif dan solutif
2. Mewarnai
bebabagai aktivitas yang dilakukan.
0 komentar:
Posting Komentar