Minggu, 24 Maret 2013

UPAYA PEMBERANTASAN KORUPSI DI INDONESIA

UPAYA PEMBERANTASAN KORUPSI DI INDONESIA
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Bahasa Indonesia
Dosen Pengampu : Drs. Suyitno, M.Pd

Disusun oleh :
Nama           : Wiwit Nur Asih
NIM              : K6410065

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2010
KATA PENGANTAR

          Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia yang telah diberikan, penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “UPAYA PEMBERANTASAN KORUPSI DI INDONESIA”. Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia.
Dalam penyusunan makalah ini, penulis banyak menerima bantuan, arahan, dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Drs. Suyitno, M.Pd selaku dosen pembimbing.
2.      Teman-teman di Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan.
3.      Semua pihak yang secara langsung maupun tidak langsung yang telah membantu penulis dalam menulis makalah ini.

Demikianlah makalah yang telah penulis susun. Jika ada kesalahan penyusunan kata dan makna, saya selaku penulis memohon maaf. Penulis mengharap kritik dan saran dari pembaca demi perbaikan isi makalah ini.

 Terima kasih.


Surakarta, 16 Oktober 2010


Penulis

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL  ...................................................................................            i
KATA PENGANTAR ..................................................................................            ii
DAFTAR ISI ................................................................................................             iii
BAB I. PENDAHULUAN ...........................................................................            1
  1. Latar Belakang Masalah ................................................................... 1
  2. Rumusan Masalah ............................................................................. 1
  3. Tujuan Penulisan ............................................................................... 2
BAB II. ISI ....................................................................................................           3
  1. Pengertian Korupsi ............................................................................            3
  2. Masalah Korupsi di Indonesia .......................................................... 4
  3. Upaya Pemberantasan Korupsi ......................................................... 6
  4. Upaya Penanggulangan Korupsi ....................................................... 8
BAB III. PENUTUP ................................................................................... 10
  1. Kesimpulan ....................................................................................... 10
  2. Saran   ............................................................................................... 10
DAFTAR PUSTAKA




BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Masalah
Korupsi di Indonesia berkembang secara sistemik. Bagi banyak orang, korupsi bukan lagi merupakan suatu pelanggaran hukum, melainkan sekedar suatu kebiasaan. Dalam seluruh penelitian perbandingan pemberantasan korupsi antar negara, Indonesia selalu menempati posisi paling rendah.
Perkembangan korupsi di Indonesia juga mendorong pemberantasan korupsi di Indonesia. Namun, hingga kini pemberantasan korupsi di Indonesia belum menunjukkan titik terang. Hal ini dikarenakan banyak kasus korupsi di Indonesia yang belum tuntas diungkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kepolisian, LSM dan alat perangkat negara lainnya.
Pemerintah mengharapkan masalah korupsi di Indonesia segera terselesaikan. Oleh karena itu, pemerintah mengupayakan beberapa hal seperti pembenahan dari aspek hukum, yang sampai saat ini telah memiliki banyak rambu-rambu berupa peraturan-peraturan, antara lain Tap MPR XI tahun 1980, UU No.31 tahun 1999, UU No.20 tahun 2000 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, UU No.30 tahun 2002, sepuluh UU anti korupsi lainnya, dua Perpu, lima Inpres, dan tiga Kepres. Namun, upaya ini masih belum berhasil sepenuhnya. Masalah ini yang membuat penulis tertarik untuk mengkaji lebih lanjut dalam makalah yang berjudul “UPAYA PEMBERANTASAN KORUPSI DI INDONESIA”.


B.   Rumusan Masalah
1.      Bagaimana upaya pemerintah untuk memberantas korupsi yang ada di Indonesia?
2.      Bagaimana upaya pemerintah untuk menanggulangi korupsi yang telah mendarah daging di Indonesia?

 

C.   Tujuan Penulisan
1.      Untuk mendeskripsikan bagaimana upaya pemerintah dalam memberantas korupsi di Indonesia.
2.      Untuk mendiskripsikan bagaimana upaya pemerintah dalam menanggulangi korupsi yang telah mendarah daging di Indonesia.












BAB II
ISI

A. Pengertian Korupsi
Korupsi (bahasa Latincorruptio dari kata kerja corrumpere yang bermakna busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok). Secara harfiah, korupsi adalah perilaku pejabat publik, baik politikus atau politisi maupun pegawai negeri, yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya, dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka.
Kemudian Robert Klitgaard dalam bukunya Controlling Corruption (1998) mendefinisikan korupsi sebagai "tingkah laku yang menyimpang dari tugas-tugas resmi sebuah jabatan Negara karena keuntungan status atau uang yang menyangkut pribadi (perorangan, keluarga dekat, kelompok sendiri); atau untuk melanggar aturan-aturan pelaksanaan beberapa tingkah laku pribadi". Menurut Komberly Ann Elliott dalam Corruption and The Global Economy menyajikan definisi korupsi, yaitu "menyalahgunakan jabatan pemerintahan untuk keuntungan pribadi".
Dari sudut pandang hukum, tindak pidana korupsi secara garis besar mencakup unsur-unsur sebagai berikut:
1.      perbuatan melawan hukum;
2.      penyalahgunaan kewenangan kesempatan, atau sarana;
3.      memperkaya diri sendiri, orang lain, atau korporasi;
4.      merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.
Selain itu terdapat beberapa jenis tindak pidana korupsi yang lain, di antaranya:
1.      memberi atau menerima hadiah atau janji (penyuapan);
2.      penggelapan dalam jabatan;
3.      pemerasan dalam jabatan;
4.      ikut serta dalam pengadaan (bagi pegawai negeri atau penyelenggara negara);
5.      menerima gratifikasi (bagi pegawai negeri atau penyelenggara negara).

B.  Masalah Korupsi Indonesia
Indonesia, sebagai salah satu negara yang telah merasakan dampak dari tindakan korupsi, terus berupaya secara konkrit, dimulai dari pembenahan aspek hukum, yang sampai saat ini telah memiliki banyak sekali rambu-rambu berupa peraturan - peraturan, antara lain Tap MPR XI tahun 1980, kemudian tidak kurang dari 10 UU anti korupsi, diantaranya UU No. 20 tahun 2001 tentang perubahan UU No. 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, Kemudian yang paling monumental dan strategis, Indonesia memiliki UU No. 30 Tahun2002, yang menjadi dasar hukum pendirian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), ditambah lagi dengan dua Perpu, lima Inpres dan tiga Kepres. Di kalangan masyarakat telah berdiri berbagai LSM anti korupsi seperti ICW, Masyarakat Profesional Madani (MPM), dan badan-badan lainnya, sebagai wujud kepedulian dan respon terhadap uapaya pencegahan dan pemberantasan korupsi. Dengan demikian pemberantasan dan pencegahan korupsi telah menjadi gerakan nasional. Seharusnya dengan sederet peraturan, dan partisipasi masyarakat tersebut akan semakin menjauhkan sikap,dan pikiran kita dari tindakan korupsi.
Salah satu contoh kasus korupsi yang baru saja terjadi di Indonesia adalah kasus dari Gayus Tambunan. Sejak awal sebenarnya cenderung tak percaya bahwa uang pajak yang ditilap Gayus Tambunan hanya Rp28 milyar, apalagi ditambah pengakuannya bahwa dari dana sejumlah itu dia hanya menikmati Rp1,5 milyar, selebihnya mengalir ke polisi (Rp11 milyar), jaksa (Rp5 milyar), hakim (Rp5 milyar), pengacara (Rp5 milyar).Apa masuk akal yang maling cuma dapat Rp1,5 milyar?
Ketidakpercayaan ini berdasarkan banyaknya wajib pajak raksasa yang ditanganinya yakni 149 wajib pajak antara lain Chevron, Kaltim Prima Coal atau Kapuas Prima Coal (Metrotv bikin Kapuas Prima Coal), Bumi Resourches dan lain-lain. Dari 149 mega perusahaan ini, 60 ditangani Gayus langsung. Semua perusahaan itu ingin mendapatkan keringanan pajak atau tidak bisa menerima besaran jumlah tagihan dari instansi pajak dan Gayus dan kawan-kawan memanfaatkan peluang tersebut.
Ketidakpercayan itu terjawab sudah, Majalah Tempo terbaru mengungkapkan bahwa kasus Gayus mencakup uang sebesar Rp1,7 triliun, saat ini dia masih menyimpan uang tersebut di beberapa deposit box dan menurut Tempo dia berulang kali membujuk penyidik akan memberikan deposit box tersebut, kecuali satu untuk dia dan keluarga, asal dibebaskan atau hukumannya diringankan. Berita ini membuktikan bahwa korupsi di instansi perpajakan adalah mega korupsi yang harus mendapat perhatian dan pengawalan super serius dari pers dan masyarakat. Disinyalir potensi uang negara yang hanyut ke kantong-kantong petugas pajak dan gangnya mencapai Rp300 triliun.
Gara-gara ulah petugas bejat di jawatan pajak kita kehilangan kesempatan untuk mendapatkan jalan raya berkualitas baik, sekolah-sekolah, bea siswa, perguruan tinggi, rumah sakit, obat-obatan, pasar, pembangkit listrik, taman hiburan dan fasilitas publik lainnya.Mungkin sudah saatnya kita lebih memperhatikan petugas pajak di kota kita, juga polisi, jaksa, hakim dan pengacara, bukan untuk mengusili atau mencampuri kehidupan pribadi mereka, tapi hanya untuk menyelamatkan fasilitas publik yang mungkin bisa kita peroleh kalau perilaku dan gaya hidup mereka wajar-wajar saja. Kalau kita begitu pedulinya pada maling ayam, maling jemuran, maling tape mobil, maling kaca spion, maling motor dan sejenisnya, mengapa tidak kita tingkatkan sedikit kepedulian kita pada para pencuri uang kita, rakyat Indonesia?
C. Upaya Pemberantasan Korupsi di Indonesia
Pemberantasan korupsi di Indonesia dapat dibagi dalam 3 periode, yaitu pada masa Orde LamaOrde Baru, dan Orde Reformasi.
  1. Orde Lama
Dasar Hukum: KUHP (awal), UU 24 tahun 1960
Antara 1951 - 1956 isu korupsi mulai diangkat oleh koran lokal seperti Indonesia Raya yang dipandu Mochtar Lubis dan Rosihan Anwar. Pemberitaan dugaan korupsi Ruslan Abdulgani menyebabkan koran tersebut kemudian di bredel. Kasus 14 Agustus 1956 ini adalah peristiwa kegagalan pemberantasan korupsi yang pertama di Indonesia, dimana atas intervensi PM Ali SastroamidjoyoRuslan Abdulgani, sang menteri luar negeri, gagal ditangkap oleh Polisi Militer. Sebelumnya Lie Hok Thay mengaku memberikan satu setengah juta rupiah kepada Ruslan Abdulgani, yang diperoleh dari ongkos cetak kartu suara pemilu. Dalam kasus tersebut mantan Menteri Penerangan kabinet Burhanuddin Harahap (kabinet sebelumnya), Syamsudin Sutan Makmur, dan Direktur Percetakan Negara, Pieter de Queljoe berhasil ditangkap.
Mochtar Lubis dan Rosihan Anwar justru kemudian dipenjara tahun 1961 karena dianggap sebagai lawan politik Sukarno.
Nasionalisasi perusahaan-perusahaan Belanda dan asing di Indonesia tahun 1958 dipandang sebagai titik awal berkembangnya korupsi di Indonesia. Upaya Jenderal AH Nasution mencegah kekacauan dengan menempatkan perusahaan-perusahaan hasil nasionalisasi di bawah Penguasa Darurat Militer justru melahirkan korupsi di tubuh TNI.
Jenderal Nasution sempat memimpin tim pemberantasan korupsi pada masa ini, namun kurang berhasil.
Pertamina adalah suatu organisasi yang merupakan lahan korupsi paling subur.
Kolonel Soeharto, panglima Diponegoro saat itu, yang diduga terlibat dalam kasus korupsi gula, diperiksa oleh Mayjen SupraptoS ParmanMT Haryono, dan Sutoyo dari Markas Besar Angkatan Darat. Sebagai hasilnya, jabatan panglima Diponegoro diganti oleh Letkol Pranoto, Kepala Staffnya. Proses hukum Suharto saat itu dihentikan oleh Mayjen Gatot Subroto, yang kemudian mengirim Suharto ke Seskoad di Bandung. Kasus ini membuat DI Panjaitan menolak pencalonan Suharto menjadi ketua Senat Seskoad.
  1. Orde Baru
Dasar Hukum: UU 3 tahun 1971
Korupsi orde baru dimulai dari penguasaan tentara atas bisnis-bisnis strategis.
  1. Reformasi
Dasar Hukum: UU 31 tahun 1999, UU 20 tahun 2001
Pemberantasan korupsi di Indonesia saat ini dilakukan oleh beberapa institusi:
a.    Tim Tastipikor (Tindak Pidana Korupsi)
c.    Kepolisian
d.    Kejaksaan
e.    BPKP
f.     Lembaga non-pemerintah: Media massa Organisasi massa (mis: ICW).
Selain itu, ada beberapa upaya pengawasan sosial yang dilakukan oleh pemerintah, yaitu :
  1. mengerahkan seluruh stake holder dalam merumuskan visi, misi, tujuan, dan indikator terhadap makna korupsi, kolusi, dan nepotisme;
  2. mengidentifikasi strategi yang akan mendukung terhadap pemberantasan KKN sebagai payung hukum menyangkut Stick, Carrot, Perbaikan Gaji Pegawai, Sanksi Efek Jera, Pemberhentian Jabatan yang diduga secara nyata melakukan tindakan korupsi;
  3. melaksanakan dan menerapkan seluruh kebijakan yang telah dibuat dengan melaksanakan penegakan hukum tanpa pilih bulu terhadap setiap pelanggaran KKN dengan aturan hukum yang telah ditentukan;
  4. melaksanakan evaluasi, pengendalian, dan pengawasan dengan memberikan atau membuat mekanisme yang dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat dan pengawasan fungsional lebih independent.

D.Upaya Penanggulangan Korupsi di Indonesia
Korupsi dapat ditanggulangi dengan beberapa cara sebagai berikut:
  1. kebiasaan korupsi dapat dihilangkan melalui proses penanaman (sosialisasi dan internalisasi ) nilai-nilai anti korupsi atau Budaya Anti Korupsi (BAK). Proses tersebut dilakukan melalui proses pendidikan yang terencana, sistematis, terus menerus dan terintegrasi, sejak usia dini hingga ke perguruan tinggi. Demikian juga sosialisasi dan internalisasi nilai anti korupsi tersebut dilakukan kepada seluruh komponen masyarakat dan aparatur pemerintah di pusat dan daerah, lembaga tinggi negara, BUMN, BUMD, sehingga nilai sosial anti korupsi atau Budaya Anti Korupsi (BAK) menjadi gerakan nasional dan menjadi kebiasaan hidup seluruh komponen bangsa Indonesia, menuju kehidupan yang adil makmur dan sejahtera;
2.      upaya penerapan good governance pada entitas pemerintah. Setiap entitas pemerintah diwajibkan untuk melakukan reformasi birokrasi, mempertanggungjawabkan kinerja yang dicapainya melalui Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, melaksanakan praktek-praktek yang sehat dalam penyelenggaraan tugas dan fungsinya serta melibatkan masyarakat luas dalam memantau dan mendorong perbaikan kinerja instansi pemerintah.
















BAB III
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Ada berbagai kasus korupsi di Indonesia dari orde lama, orde baru, reformasi sampai sekarang ini. Padahal pemerintah sudah membuat Undang-Undang dan berbagai aturan hukum lainnya tapi tidak berhasil memberantas korupsi. Maka, pemerintah diharapkan dapat bekerjasama dengan masyarakat dan awak media untuk memberantas dan menanggulangi korupsi di Indonesia.
B.   Saran  
Sebaiknya dilakukan proses penanaman (sosialisasi dan internalisasi ) nilai-nilai anti korupsi atau Budaya Anti Korupsi (BAK). Proses tersebut dilakukan melalui proses pendidikan yang terencana, sistematis, terus menerus dan terintegrasi, sejak usia dini hingga ke perguruan tinggi. Demikian juga sosialisasi dan internalisasi nilai anti korupsi tersebut dilakukan kepada seluruh komponen masyarakat dan aparatur pemerintah di pusat dan daerah, lembaga tinggi negara, BUMN, BUMD, sehingga nilai sosial anti korupsi atau Budaya Anti Korupsi (BAK) menjadi gerakan nasional dan menjadi kebiasaan hidup seluruh komponen bangsa Indonesia, menuju kehidupan yang adil makmur dan sejahtera.






DAFTAR PUSTAKA

. “Korupsi di indonesia”. http://id.wikipedia.org/wiki/Korupsi_di_Indonesia(diakses tanggal 15 Oktober 2010)
. “Korupsi”. http://id.wikipedia.org/wiki/Korupsi (diakses tanggal 15 Oktober 2010)
Setyawan, Sugeng. “Cara Penanggulangan Korupsi”. http://sugengsetyawan.blogspot.com/2008/10/cara-penanggulangan-korupsi-di.html (diakses tanggal 15 Oktober 2010)
Orangbuton. “Model Upaya Pemberantasan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme”. http://orangbuton.wordpress.com/2009/04/14/model-upaya-pemberantasan-korupsi-kolusi-dan-nepotisme/ (diakses tanggal 15 Oktober 2010)
Rusli, Imran. “Korupsi gayus mencapai Rp 1,7 triliun”. http://politik.kompasiana.com/2010/04/21/korupsi-gayus-mencapai-rp17-triliun/ (diakses tanggal 15 Oktober 2010)
. “Pemberantasan Korupsi Sebagai Gerakan Nasional”.  http://ccs-indonesia.com/index.php?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=4 (diakses tanggal 15 Oktober 2010)
 http://www.feunpak.web.id/artikel-fe/125-pendekatan-komprehensif-dalam-upaya-pencegahan-dan-pemberantasan-korupsi-di-indonesia (diakses tanggal 15 Oktober 2010)


40 komentar:

Menuju Fasilitator Aktivis mengatakan...

wah.....makalahnya memberikan banyak informasih baru.
Salam kenal

Blogger Tampan mengatakan...

baca juga mengenai
Upaya Pemberantasan Korupsi di Indonesia di blog saya

jyothi kits mengatakan...

Thank you for the information.
Best Training and Real Time Support
tableau online training

tableau training institute

Jamess mengatakan...

QuickBooks Payroll Support cell phone number. Well! If you’re not in a position to customize employee payroll in QuickBooks Payroll Support Phone Number which makes the list optimally, in QB and QB desktop, then read the description ahead. Here, you will get the determination of numerous type of information that which you’ve close at hand for assisting the setup process with comfort.

Jamess mengatakan...

QuickBooks Enterprise Support contact number is assisted by an organization this is certainly totally dependable. It is a favorite proven fact that QuickBooks Enterprise Support Number has had about plenty of improvement in the area of accounting.

QuickBooks Payroll Support mengatakan...

QuickBooks Customer Support Number version is made to manage business , financial & accounting requirements needs efficiently. By the inbuilt tools of marketing , inventory , products and supplies you can run your company according to your needs , So business can run smooth .

QuickBooks Payroll Support mengatakan...

If you’re interested in small-business accounting solutions, the first thing experts and happy costumers will recommend you is QuickBooks by Intuit Inc. Intuit’s products for construction contractors range from the QuickBooks Customer Support Number, Simple Start Plus Pack, Quickbooks Premier Contractor, and Quickbooks Enterprise Solutions: Contractor.

steffan mengatakan...

If you're in hurry and business goes down because of the QB error it is possible to ask for Quickbooks Consultants or Quickbooks Proadvisors . If you'd like to consult with the QuickBooks experts than QuickBooks Tech Support Phone Number is actually for you !

kevin32 mengatakan...

Intuit QuickBooks Support, a credit card applicatoin solution that'll be developed this kind of a way that one can manage payroll, inventory, sales and each other need of small businesses.

kevin32 mengatakan...

If you should be experiencing any hiccups in running the Enterprise type of the QuickBooks Enterprise Help Phone Number USA software for your requirements, it is best to not ever waste another second in trying to find a remedy for the problems.

steffan mengatakan...

Since quantity of issues are enormous on occasion, they might seem very basic to you personally so when an effect might make you're taking backseat and you may not ask for every help. Let’s update you aided by the indisputable fact that this matter is immensely faced by our customers. Do not worry most likely and e mail us at our Quickbooks Support Phone Number.

kevin32 mengatakan...

The name regarding the application is QuickBooks Payroll Support Phone Number . QuickBooks, particularly, doesn't have any introduction for itself. But one who is unknown to this great accounting software, we wish one to give it a try.

Jamess mengatakan...

QuickBooks Support For Business All of the above has a particular use. People working with accounts, transaction, banking transaction need our service to be the time for QuickBooks support help.

kevin32 mengatakan...

Unneeded to mention, Support For QuickBooks has given its utmost support to entrepreneurs in decreasing the purchase price otherwise we’ve seen earlier, however, an accountant wont to help keep completely different accounting record files.

kevin32 mengatakan...

Although QuickBooks Enterprise leverages you with so much, there are issues that may pop up in it and hamper your work. Our QuickBooks Enterprise Support Phone Number assists you to combat all the issues in QuickBooks Enterprise Tech Support Number .

kevin32 mengatakan...

Our Professionals have designed services in a competent means so they will offer the required ways to the shoppers. we've got a tendency to at QuickBooks Technical Support Number client Service are accessible 24*7 you simply need certainly to call our QuickBooks Support toll-free number that you can get in the marketplace on our website.

rdsraftaar mengatakan...

Enterprise support number provides you with proper assistance whenever you want it. You are able to avail Enterprise Support using E-mail yet QuickBooks Enterprise Support Number serves to be the ideal as a type of assistance. Here our experts will reply to your call and supply you perfect solutions on QuickBooks Enterprise resolving all the issues faced by you.

rdsraftaar mengatakan...

Our QuickBooks Payroll Tech Support Number has given a completely new direction when it comes to business, even the beginners have adopted the correct path making improvements in their accounting fields.

kevin32 mengatakan...


The primary functionality of Support For QuickBooks is determined by company file. In line with the experts, if you want solve the specific situation, then you'll definitely definitely have to accept it first.

QuickBooks Payroll Support mengatakan...

QuickBooks Customer Support Number version is made to manage business , financial & accounting requirements needs efficiently. By the inbuilt tools of marketing , inventory , products and supplies you can run your company according to your needs , So business can run smooth .

Jamess mengatakan...

Would you Intuit QuickBook Support with retail trade? Craftsmen also cope with your selection of revenue. Sometimes that you do not forecast the particular budget. We now have experienced individuals to offer the figure.

accountingwizards mengatakan...

QuickBooks 6000 series, QuickBooks PS series square measure several of the foremost common and then the most dangerous errors which our Users have to face. therein case, they ought to forthwith dial the fee QuickBooks Support Phone Number Service.

Jamess mengatakan...

QuickBook Tech Support Phone Number take care of our customers and bend towards backward to please all of them with our exuberant performance. All of this is completed without compromising with the quality of services because nothing seems good in the event that work is not done.

kevin32 mengatakan...

You may need advanced software. There must be a premier mix solution. QuickBooks Payroll Tech Support Number often helps. Proper outsource is crucial. You'll discover updates in connection with tax table. This saves huge cost.

kevin32 mengatakan...

Almost Every Small And Medium Company Is Now Using QuickBooks Enterprise Support Number And Thus Errors And Problems Related To It Can Be Often Seen. These Problems And Troubleshooted By The Expert And Technical Team Of QuickBooks Support Number Can Be Used To Contact.

QuickBooks Support Phone Number mengatakan...

Since our toll-free number can be found throughout the day or night if you face any error during the night you merely need certainly to pick your phone and dial the QuickBooks Tech Support Number and obtain instant help from the team of experts.

QuickBooks Payroll Support mengatakan...

for starters, a business can only survive if it is making adequate profits to smoothly run the operations of the work. Our QuickBooks Customer Technical Support Number team will really show you in helping you discover in regards to the profit projections in QuickBooks.

QuickBooks Support Phone Number mengatakan...

Every user will get 24/7 support services with our online technical experts using QuickBooks support contact number. When you’re stuck in times where you can’t find a method to get rid of a concern, all that's necessary is always to dial QuickBooks Support Phone Number. Be patient; they will inevitably and instantly solve your queries.

Jamess mengatakan...

Our specialist can surely do wonders as well as do it each and every day when a person comes to us with their QuickBooks problems. Our QuickBooks tech support team team, especially, tackle every bugs and error of QuickBooks Support Because of this, among others.

HP Printer Support Number mengatakan...

With this, you might be designed to know how to clean HP laptop fan. There's two vents within the system. The outflow vents are gusting out hot air while the HP Printer Support Number intake vents are permitting the atmosphere to get in.

HP Printer Support Number mengatakan...

Regardless of how much you try, there are chances that you will get stuck with some of the very most common HP Inkjet Printer Support Phone Number problems. And thus, it's important for you yourself to take some quick the help of the pros.

rdsraftaar mengatakan...

The principal intent behind QuickBooks Support number is to provide the technical help 24*7 so as in order to avoid wasting your productivity hours. This is completely a toll-free QuickBooks client Service variety that you won’t pay any call charges. Of course, QuickBooks is one among the list of awesome package in the company world. The accounting part of the many companies varies according to this package. You'll find so many fields it covers like creating invoices, managing taxes, managing payroll etc. However exceptions are typical over, sometimes it generates the down sides and user wants 247Tech Support Number.

Mathew mengatakan...


QuickBooks Tech Support Number is made to meet your every accounting needs and requirement with a great ease. This software grows with your business and perfectly adapts with changing business environment.

steffan mengatakan...

Quickbooks Payroll Support contact number will be the team that provide you QuickBooks Payroll Tech Support Number. This software of QuickBooks comes with various versions and sub versions. Online Payroll and Payroll for Desktop could be the two major versions and they're further bifurcated into sub versions.

kevin32 mengatakan...

QuickBooks Helpline Number Services provide methods to all your valuable QuickBooks problem and in addition assists in identifying the errors with QuickBooks data files and diagnose them thoroughly before resolving these problems.

QuickBooks Payroll Support Phone Number mengatakan...

QuickBooks commonly known as the QB is the greatest accounting software which has had integrated various tools to help make your online business accounting process a hurdle free one. QuickBooks Payroll Support Phone Number is popular because of its reliable, certain and accurate calculations which do save your time with regards to managing your online business accounts the proper way.

steffan mengatakan...


The QuickBooks Support Phone Number could be reached all through night and day additionally the technicians are very skilled to cope with the glitches which can be bugging your accounting process.

Lilian Wale mengatakan...

Ada beberapa solusi alami yang dapat digunakan dalam pencegahan dan menghilangkan diabetes secara total. Namun, satu-satunya aspek paling penting dari rencana pengendalian diabetes adalah mengadopsi gaya hidup sehat Kedamaian Batin, Nutrisi dan Diet Sehat, dan Latihan Fisik Reguler. Keadaan kedamaian batin dan kepuasan diri sangat penting untuk menikmati kesehatan fisik yang baik dan atas semua kesejahteraan. Kedamaian batin dan kepuasan diri adalah kondisi pikiran yang adil. Orang dengan penyakit diabetes sering menggunakan pengobatan komplementer dan alternatif. Saya didiagnosis menderita diabetes pada tahun 2000. Sedang bekerja merasa sangat lelah dan mengantuk. Saya meminjam glukometer dari rekan kerja dan diuji pada 760. Segera pergi ke dokter saya dan dia memberi saya resep seperti: Insulin, Sulfonamides, tetapi saya tidak bisa mendapatkan penyembuhan daripada mengurangi rasa sakit dan menghilangkan rasa sakit lagi. Saya menemukan nama kesaksian wanita Comfort online bagaimana Dr Akhigbe menyembuhkan HIV-nya dan saya juga menghubungi dokter dan setelah saya minum obatnya seperti yang diperintahkan, saya sekarang benar-benar bebas dari diabetes oleh dokter jamu Akhigbe. Jadi pasien diabetes yang membaca kesaksian ini untuk menghubungi emailnya drrealakhigbe@gmail.com atau Nomornya +2348142454860 Ia juga menggunakan ramuan herbalnya untuk penyakit seperti: Gigitan SPIDER, SCHIZOPHRENIA, LUPUS, DEMAM BERDARAH, MALARIA, INFEKSI EKSTERNAL, UMUM DINGIN, DASAR GABUNGAN, DASAR BAYAM, GERAKAN, STROKE, STROKE TUBERKULOSIS, PENYAKIT PERUT. ECZEMA, PROGERIA, MAKAN GANGGUAN, INFEKSI RESPIRATORI RENDAH, DIABETIKA, HERPES, HIV / AIDS,; ALS, DIARRHEA KABEL, KABEL, KANKER, MENINGITIS, HEPATITIS A DAN B, THYROID, ASCEMA, PENYAKIT HARI, KABUPATEN. AUTISM, NAUSEA Muntah ATAU DIARE, PENYAKIT GINJAL, EREKSI LEMAH. MATA TWITCHING MENSTRUATION PAINFUL ATAU IRREGULAR. Akhigbe adalah pria yang baik dan dia menyembuhkan semua tubuh yang datang kepadanya. di sini adalah email drrealakhigbe@gmail.com dan Nomornya +2349010754824

Blogsilly mengatakan...

Runtime errors are often brought on by incompatible programs running at precisely the same time. It might also occur because of memory problem, a bad graphics driver or virus infection. In any case can be, the difficulty needs to be resolved immediately in order to avoid further problems. Here are how to remedy the error. If you would like to learn how to Resolve Quickbooks Error 9999 yourself, you can continue reading this blog.

Preeti mengatakan...

hello. nice blog
Are you suffering a problem to how to fix Quickbooks won't open then here the solution to fix this error, for better assistance please read this articles carefully and follow each steps.

Posting Komentar